• Jumat, 21 Januari 2022

Apa Hukumnya Makan di Tempat Orang Meninggal Dunia? Ini Jawaban Buya Yahya

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 17:25 WIB
Apa Hukumnya Makan di Tempat Orang Meninggal Dunia? Ini Jawaban Buya Yahya (Youtube Al-Bahjah TV)
Apa Hukumnya Makan di Tempat Orang Meninggal Dunia? Ini Jawaban Buya Yahya (Youtube Al-Bahjah TV)

POJOK MADURA – Seseorang bertanya pada Buya Yahya apa hukumnya makan di tempat orang yang meninggal dunia. Beginilah jawaban Buya Yahya.

Buya Yahya mengatakan tidak ada salahnya untuk makan di tempat orang yang meninggal karena Nabi Muhammad SAW tidak pernah melarang.

Nabi Muhammad SAW bahkan memerintahkan kepada kita untuk memperbanyak bersedekah. Dengan demikian, jika ada orang yang dirumahnya ada seseorang meninggal dunia dan mempunyai banyak makanan dan ingin bersedekah, maka tidak ada masalah bagi kita untuk memakannya.

“Dia banyak duit, banyak makanan pengen bersedekah. Masak gak mau dimakan,” tutur Buya Yahya.

Baca Juga: Komedian Fic Fachriza Pakai Narkoba Lagi, Kakaknya Rispo Syok dan Mengaku Tak Tahu

Oleh sebab itu, jika ada yang mengatakan tidak boleh, perlu diteliti darimana sumber tersebut berasal.

Biasanya membawa suatu riwayat yang sebenarnya menceritakan perintah Nabi Muhammad SAW kepada sahabat untuk membuat makanan ke keluarga yang meninggal. Buya mengatakan hal tersebut dikarenakan keluarga Sayyidina Jakfar sangat fakir.

Disini, tidak ada larangan untuk membuat makanan untuk keluarga mayyit. Namun, anggapan tersebut malah disalahartikan menjadi keluarga yang meninggal tidak boleh membuat makanan dan orang lainlah yang harus memberi makanan kepada mereka.  

Buya mencontohkan bagaimana jika semua orang mengikuti anggapan tersebut. Semua tetangga membuatkan makanan untuk keluarga yang meninggal itu.

Halaman:

Editor: Badrul Fuadi

Sumber: YouTube Al-Bahjah TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X