• Selasa, 27 September 2022

Bolehkan Muslim Mengucapkan Selamat Natal? Inilah Hukum Mengucapkan Natal Menurut Buya Yahya

- Jumat, 24 Desember 2021 | 20:39 WIB
Bolehkan Muslim Mengucapkan Selamat Natal? Inilah Hukum Mengucapkan Natal Menurut Buya Yahya (Pexels/Tima Miroshniche )
Bolehkan Muslim Mengucapkan Selamat Natal? Inilah Hukum Mengucapkan Natal Menurut Buya Yahya (Pexels/Tima Miroshniche )

POJOK MADURA - Setiap tanggal 25 Desember, umat kristiani merayakan Natal sebagai hari kelahiran Yesus Kristus. Saat ini perayaan Natal telah menjadi tradisi yang membawa kebahagiaan tersendiri. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember dan kebaktian pagi tanggal 31 januari.

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang multikultural, sebab ia terdiri dari berbagai agama dan kepercayaan. Namun, ada kalanya kemajemukan ini menimbulkan polemik tertentu pada masyarakat. Di antaranya adalah terkait hukum ucapan selamat natal bagi umat Islam yang diucapkan kepada umat Kristen dan polemik ini hampir terjadi di setiap tahun.

Baca Juga: BTS SUGA Dinyatakan Posituf Covid19, Big Hit Musik Lakukan Ini

Ditengah kebimbangan antara boleh dan tidaknya seorang muslim mengucapkan selamat Natal, sebenernya telah banyak ulama yang telah membahas tentang hukum dan dasarnya, salah satunya adalah Buya Yahya. Sebagaimana dilansir Pojok Madura dari video akun YouTube Al Bahjah TV, Buya Yahya menegaskan jika kita hanya harus memahami benar makna toleransi.

Beliau menyebutkan jika banyak yang akhirnya salah dalam penerapan karena kesalahan memaknai toleransi "Toleransi itu kita tidak boleh memaksa orang lain untuk mengikuti kamu". Buya Yahya menjawab dengan mengomparasikan mengucapkan Natal dengan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Romantis, Thariq Siapkan Oleh-oleh Barang Mewah Ini Dari Turki Khusus untuk Fuji: Semoga Dia Bahagia 

"Kalau seandainya ada orang Nasrani berfatwa haram untuk ikut mengucapkan selamat memperingati maulid nabi, kita hargai itu memang bukan nabi mereka. Sebaliknya jika ada orang Islam berfatwa haram mengucapkan Natal, ya jangan pusing itu kan memang bukan Tuhan kita", tegas Buya Yahya.

Sehingga, ditengah perdebatan hukum mengucapkan Natal bagi umat Kristen, menurut Buya Yahya hal tersebut bergantung pada keyakinan masing-masing. Pointnya adalah jangan memaksakan keyakinan dan mengucapkan satu sama lain. Adapun sesuatu yang menjadi haram adalah mengganggu dan melarang umat Kristen merayakan Natal karena hal itu adalah keyakinan umat tersebut.***

Editor: Khairul Mufid

Sumber: Youtube Al Bahjah TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Tata Cara Sholat Idul Adha Lengkap

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:54 WIB

Cara Ajarkan Anak Puasa Sejak Dini

Selasa, 12 April 2022 | 23:24 WIB

Terpopuler

X