• Kamis, 26 Mei 2022

Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut Buya Yahya

- Minggu, 3 April 2022 | 22:13 WIB
Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut Buya Yahya  (Al-Bahjah TV)
Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut Buya Yahya (Al-Bahjah TV)

POJOK MADURA - Semua umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa pada saat bulan Ramadhan.

Namun kewajiban Puasa Ramadhan itu bisa gugur bagi umat muslim yang sedang udzur atau berhalangan untuk berpuasa, salah satunya ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Menurut Buya Yahya, ibu hamil dan menyusui diperbolehkan tidak puasa di bulan Ramadhan jika kondisinya tidak memungkinkan untuk berpuasa. Namun tetap harus membayar hutang puasa setelah keadaanya memungkinkan dan memiliki kesempatan.

Baca Juga: 7 Tips Atur Makanan Saat Puasa Agar Berat Badan Tak Naik

"Ibu hamil dan menyusui boleh buka puasa, cuma harus diganti setelah memiliki kesempatan," ujar Buya Yahya seperti dilansir PojokMadura.com dari kanal YouTube AL-Bahjah TV tanggal 3 April 2022.

Buya Yahya juga mengatakan, ibu hamil dan menyusui juga tidak perlu membayar fidyah. Hanya cukup membayar hutang puasanya saja.

"Jadi tidak perlu bayar fidyah. Tapi kalau ibu lalai, tidak mengganti hutang puasanya sampai bulan Ramadhan berikutnya padahal punya kesempatan, maka harus membayar fidyah," kata Buya Yahya.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Sambut Bulan Suci Ramadhan 2022 Gratis

Lebih lanjut, Buya Yahya menyarankan, hutang puasa Ramadhan hendaknya disegerakan untuk dibayar selagi ada kesempatan, sebab hutang tersebut wajib dibayar.

Halaman:

Editor: Abu Yusuf

Sumber: Al - Bahjah TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Ajarkan Anak Puasa Sejak Dini

Selasa, 12 April 2022 | 23:24 WIB

Cara Melapangkan Hati Menurut Ustadz Adi Hidayat

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:42 WIB

Terpopuler

X