Jelang Malam Tahun Baru 2023, Mendagri Himbau Masyarakat Tertib dan Menjaga Keamanan

- Selasa, 27 Desember 2022 | 20:29 WIB
Jelang Malam Tahun 2023, Mendagri Himbau Masyarakat Tertib dan Menjaga Keamanan (foto Instagram @titokarnavian)
Jelang Malam Tahun 2023, Mendagri Himbau Masyarakat Tertib dan Menjaga Keamanan (foto Instagram @titokarnavian)


PojokMadura - Memasuki pergantian malam Tahun Baru 2023, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menghimbau masyarakat agar tertib dan menjaga keamanan.

Diketahui, menjelang pergantian malam Tahun Baru 2023, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sangat berharap kepada lapisan masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban saat momen pergantian tahun.

Lebih lanjut, dia berharap keramaian tidak menjadi petaka seperti di Itaewon, Korea Selatan. Dari itu masyarakat dihimbau agar tetap tertib serta menjaga keamanan menjelang malam pergantian Tahun Baru 2023.

Baca Juga: Tak hanya Guru Alif, F9 Sasar Santri dan Mahasiswa, Gaungkan Gerakan Bismillah Jaga Toleransi

"Jaga keamanan tersebut termasuk mengatur kegiatan masyarakat terutama di tempat-tempat kerumunan," ujar Tito Karnavia dalam keterangannya, Selasa 27 Desember 2022.

"Hal ini untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, seperti peristiwa yang terjadi saat perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan yang memakan banyak korban," sambungnya.

Tito juga meminta pihak-pihak terkait melakukan indentifikasi dan inventarisasi daerah rawan tersebut, sehingga kerumunan bisa terkendali. Dia memperkirakan euforia yang dua tahun terakhir terhalang pandemi dapat diluapkan masyarakat pada tahun ini.

Baca Juga: Terungkap, Inilah Sejarah Pohon Natal yang Jarang Banyak Orang Tahu

"Kita sudah lama tidak kumpul-kumpul, terutama yang anak-anak muda. Jadi jangan sampai terjadi, Jakarta misalnya, Ancol itu akan ada ratusan ribu, kami yakin daerah-daerah juga ada pengumpulan masyarakat," pesannya.

"Nah ini perlu diidentifikasi, kemudian dilakukan langkah-langkah mitigasi, diatur, termasuk mekanisme jalannya," imbuhnya.

Dia juga menambahkan, larangan penggunaan petasan yang berpotensi menimbulkan ledakan besar, kebakaran, dan korban manusia maupun barang. "Kami kira petasan lebih baik kita larang, kembang api boleh tapi terbatas," tukasnya.***

Editor: Moh. Bisri

Sumber: Mendagri

Tags

Terkini

Terpopuler

X