• Sabtu, 22 Januari 2022

Kebutuhan Psikologi Manusia Tidak Selalu Melibatkan Kepuasan dan Penghargaan dari Orang Lain

- Selasa, 23 November 2021 | 20:54 WIB
Kebutuhan Psikologi Manusia Tidak Selalu Melibatkan Kepuasan dan Penghargaan dari Orang Lain (pixabay.com/Sophkins)
Kebutuhan Psikologi Manusia Tidak Selalu Melibatkan Kepuasan dan Penghargaan dari Orang Lain (pixabay.com/Sophkins)

POJOK MADURA - Saat masih kecil, kita sudah memulai kehidupan kita dengan cara memuaskan orang lain. Diawali dengan orang tua atau keluarga sendiri.

Ketika ingin melakukan sesuatu, pasti kita akan meminta persetujuan orang tua atau orang disekitar kita terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar mendapat penerimaan dari orang tersebut.

Hal inilah yang sering disebut sebagai salah satu teori kebutuhan psikologis manusia. Manusia memiliki kebutuhan dasar yang disebut instinctoid.

Manusia memulai awal kehidupannya dari pribadi yang lemah, kemudian mulai tumbuh dan berkembang akibat pengaruh lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Badan POM Membuka Lowongan Kerja, Berikut Link Pendaftarannya

Saat tumbuh manusia membutuhkan sesuatu yang disebut esteem, yakni kebutuhan yang melibatkan penghargaan dari orang lain. Manusia membutuhkan adanya rasa hormat dari orang lain.

Sama ketika memuaskan orang lain, orang tersebut secara tidak langsung akan memberikan pujian kepada kita sehingga kebutuhan psikologis kita terpenuhi. Hal tersebut membuat kita menjadi orang yang lebih percaya diri.

Akan tetapi, ketika kita tidak mampu mendapatkan penghargaan, hanya rasa frustasi yang muncul dan menjadi orang yang rendah, lemah, tak berdaya, dan tak berharga.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Bagaimana Karaktermu saat Berbicara dengan Orang Lain? Temukan Jawabannya dalam Artikel Ini

Halaman:

Editor: Khairul Mufid

Sumber: Buku What Happened With Your Life

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X