• Sabtu, 20 Agustus 2022

Pelatihan Pengelolaan Jagung Menjadi Keripik Trotilla Ala Mahasiswa UTM Bangkalan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 12:30 WIB
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan  (Muyassarroh/Pojokmadura)
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan (Muyassarroh/Pojokmadura)

POJOKMADURA.COM - Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menjalani pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan mengenai pembuatan keripik tortilla dari jagung manis di Desa Langkap, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu (29/6/2022).

Pelatihan ini dilakukan oleh salah satu mahasiswi UTM dalam pengabdian masyarakat kelompok 83 yang menyasar para remaja masjid Ainul Yaqin bagian putri.

"Pelatihan ini dilakukan bermula dari informasi yang saya dapat dari salah satu perangkat desa setempat yang menyampaikan bahwa dominan hasil petani warga di Desa Langkap ini merupakan padi dan jagung," ujar Muyas (Koordinator Proker)

Baca Juga: Terima Penghargaan dari Emil Dardak, Rasita Risky: Semua Berkat Program Bantuan Usaha Binaan INBIS UTM!

Dengan diadakan pelatihan pengolahan jagung menjadi keripik tortilla ini dapat meningkatkan ekonomi dan kreatif remaja masjid Ainul Yaqin di desa Langkap.

Kegiatan yang diikuti oleh 15 peserta itu dilakukan dengan cara memberikan edukasi pembuatan melalui praktek secara langsung pada remaja.

Pihaknya terlebih dahulu menjelaskan dan memberikan edukasi mengenai manfaat dari masing-masing bahan. Setelah itu, mereka menjelaskan langkah pembuatannya dan diselingi dengan tanya jawab dari pemanfaatan pengolahan tersebut.

Baca Juga: Bupati Bangkalan Beri Bantuan Modal Rp500 Ribu Bagi 1,8 Ribu PKL

"Manfaat program kegiatan pengolahan jagung ini adalah untuk memanfaatkan hasil petani jagung masyarakat setempat, untuk menciptakan kreatifitas remaja masjid tersebut maupun masyarakat setempat serta untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di desa Langkap ini," kata Muyas.

Menurut Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Syariah ini, cemilan yang disukai semua kalangan mulai dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua yaitu rata-rata keripik tortilla dengan varian rasa balado.

Halaman:

Editor: Diwan Mohammad Zahri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X