• Kamis, 20 Januari 2022

Ingin Kuliah ke Luar Negeri? Berikut 5 Tips yang Harus Diperhatikan Menurut Gita Savitri, Kamu Wajib Tahu!

- Selasa, 16 November 2021 | 11:34 WIB
Ingin Kuliah Ke Luar Negeri? Berikut 5 Tips yang Harus Diperhatikan Menurut Gita Savitri, Kamu Wajib Tahu! (Instagram @gitasav)
Ingin Kuliah Ke Luar Negeri? Berikut 5 Tips yang Harus Diperhatikan Menurut Gita Savitri, Kamu Wajib Tahu! (Instagram @gitasav)
 
POJOK MADURA - Nama Gita Savitri sudah tidak asing lagi di telinga para pemburu beasiswa maupun kuliah di luar negeri.
 
Gita adalah seorang kreator konten video YouTube, blogger, dan social media influencer ini berhasil menempuh gelar S1 Kimia Murni di Freie Universität Berlin.
 
Melanjutkan pendidikan di luar negeri tentu menjadi impian bagi banyak orang, selain bisa merasakan lingkungan baru, melanjutkan pendidikan di luar negeri juga memiliki banyak manfaat lain.
 
 
Gita Savitri Devi, seorang conten creator yang telah melanjutkan pendidikannya di Jerman mengungkapkan salah satu manfaat mengejar kuliah di luar negeri adalah berkesempatan mendapat pendidikan yang berkualitas.
 
Berikut 5 tips kuliah ke luar negeri menurut Gita Savitri, sebagaimana dikutip Pojokmadura.com dari unggahan akun Instagram @titiknolenglish.
 
1. Tentukan Tujuan dan Siap Meninggalkan Zona Nyaman 
 
Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah mencari tujuan, seperti mengapa kamu harus kuliah di luar negeri? Apa yang ingin kamu capai? Pertanyaan- pertanyaan tersebut harus lah lebih dulu terjawab. Jika sudah menemukan tujuan, kamu juga harus siap keluar dari zona nyaman kamu. Kuliah di luar negeri berarti kamu akan memasuki lingkungan yang lebih heterogen dengan budaya yang kontras dengan Indonesia. Baiknya persiapkan diri secara matang agar tidak kaget ketika di negara tujuan.
 
 
2. Tentukan Negara Tujuan 
 
Jika sudah mengetahui alasan ingin berkuliah di luar negeri, selanjutnya kamu bisa menentukan negara tujuan yang sejalan dengan alasan tersebut. Misalnya, kamu ingin kuliah di Amerika atau Inggris karena memiliki program Ilmu Hukum terbaik dunia. Lakukan riset yang cukup sehingga kamu yakin bahwa negara pilihanmu bisa menunjang cita-citamu setelah lulus nanti.
 
3. Tentukan Cara Belajar di Luar Negeri 
 
Tiap universitas di tiap negara pasti memiliki kultur belajar dan kurikulum yang berbeda. Oleh karena itu, kamu mungkin harus menyesuaikan gaya belajar kamu dengan mereka, hal ini dilakukan untuk mencegah ketertinggalan. Lebih baik lagi, jika sebelum menjadi mahasiswa full time di salah satu negara, kamu lebih dulu mengikuti program pertukaran pelajar atau summer program yang durasinya jauh lebih singkat ke negara tersebut.
 
 
4. Riset Mengenai Dokumen dan Persyaratan 
 
Melakukan riset yang mendalam adalah hal yang paling krusial bagi Gita Savitri, dokumen-dokumen serta persyaratan yang dibutuhkan tiap universitas itu pasti berbeda. Akan sayang sekali kalau kita harus melepas kesempatan belajar di luar negeri hanya karena tertahan urusan administrasi. Jika punya biaya lebih, baiknya menggunakan agen penyedia jasa yang bisa mengurus kebutuhan tinggal di luar negeri.
 
5. Yakin dan Percaya Diri 
 
Memiliki kepercayaan diri memang penting dalam menjalani suatu kehidupan, jika dirasa semua sudah kamu siapkan dengan baik dan telah melakukan riset yang cukup, maka sudah saatnya kamu memantapkan niat untuk mendaftar ke universitas atau beasiswa yang kamu tuju. Rasa yakin serta percaya diri ini bisa dicapai jika memang usaha kamu sudah maksimal, karena tidak harus sempurna, yang penting kamu sudah melakukan yang terbaik.***

Editor: Zubairi Ismail

Sumber: Instagram @titiknolenglish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X